Akreditas Universitas Chulalongkorn

Akreditas Universitas Chulalongkorn

Akreditas Universitas Chulalongkorn – Universitas Chulalongkorn (bahasa Thai: จุฬาลงกรณ์มหาวิทยาลัย; RTGS: Chulalongkon Mahawitthayalai; pengucapan [t͡ɕù.lāː.lōŋ.kɔ̄ːn má.hǎː.wít.tʰá.jāː.lāj]), disingkat CU atau Chula (bahasa Thai: จุฬาฯ), adalah sebuah universitas penelitian negeri dan otonom di Bangkok, Thailand. Universitas ini pada awalnya didirikan oleh pemerintahan Raja Chulalongkorn sebagai Sekolah Abdi Kerajaan pada tahun 1902 di Istana Raja, Thailand. Sekolah ini kemudian dijadikan sebagai universitas nasional pada tahun 1917, sehingga merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Thailand.

Baca juga artikel lainnya : Fakta Unik Universitas Oxford

Pada masa pemerintahan putra Chulalongkorn, Raja Vajiravudh, Royal Pages School menjadi Kolese Pegawai Negeri Sipil Raja Chulalongkorn. Yayasan Rockefeller berperan penting dalam membantu perguruan tinggi dari segi landasan akademisnya.

Universitas Chulalongkorn adalah sebuah universitas yang bersifat komprehensif dan penelitian intensif. Universitas ini juga digolongkan sebagai universitas terbaik di Thailand dalam berbagai aspek kualitas yang mencakup kualitas universitas itu sendiri, kualitas mahasiswa, kualitas penelitian,[12][13] kualitas dalam subjek tertentu, reputasi universitas, dan sistem pengelolaan lingkungan.

Akreditas Universitas Chulalongkorn | Sejarah

Menurut peringkat universitas dunia QS 2017, Universitas Chulalongkorn menduduki posisi ke-245 di dunia, ke-45 di Asia, pertama di Thailand, dan peringkat ke-201-250 di dunia dalam hal kecakapan bekerja lulusan. Universitas ini juga menduduki peringkat sebagai universitas No.1 di Thailand dari berbagai organisasi seperti Pusat Peringkat Universitas Dunia, Round University Ranking, Peringkat Akademis Universitas Dunia.

Universitas Chulalongkorn merupakan salah satu Universitas Penelitian Nasional dan didukung oleh Kantor Standar Pendidikan Negara dan Penilaian Kualitas Thailand. Selain itu, universitas ini merupakan satu-satunya universitas Thailand yang menjadi anggota Asosiasi Universitas Sabuk Pasifik (APRU).

Penerimaan masuk di CU sangat selektif, dan calon mahasiswa diharuskan memiliki nilai tes yang tinggi. Calon mahasiswa yang berperingkat 10 besar nilai nasional dipilih untuk studi di CU.

CU terdiri dari sembilan belas fakultas, satu Institut Pertanian, tiga kolese, sepuluh institut dan dua institut lainnya. Kampusnya menempati area yang luas di pusat kota Bangkok. Para lulusan biasanya menerima ijazah mereka dari Raja Thailand, sebuah tradisi yang dimulai oleh Raja Prajadhipok (Rama VII).

Leave a Reply

Your email address will not be published.