Fakta Menarik Universitas Waseda

Fakta Menarik Universitas Waseda

Fakta Menarik Universitas Waseda

Fakta Menarik Universitas Waseda – Universitas Waseda (早稲田大学 Waseda Daigaku; atau disingkat 早大 Soudai) adalah universitas swasta Jepang yang terletak di daerah Shinjuku, Tokyo. Waseda merupakan satu dari dua universitas swasta paling prestisius di Jepang, selain Universitas Keio, yang bersaing ketat dengan dua universitas negeri terbaik seperti Universitas Tokyo dan Universitas Kyoto. Waseda terletak di daerah Shinjuku di Tokyo.

Waseda terkenal dengan kalimat liberalnya yang disimbolkan dengan mottonya “Independence of Learning” atau “Kebebasan Belajar”. Didirikan oleh seorang samurai terpelajar bernama Okuma Shigenobu pada 1882, Waseda menjadi universitas penuh pada 1902. Hampir sebagian besar dari kampusnya hancur oleh serangan bom pada masa Perang Dunia II namun dibangun dan dibuka kembali pada 1949.

Baca juga artikel lainnya : Fakta Hankuk University

Universitas Waseda dikenal sebagai tempat lahirnya banyak politisi Jepang. Tujuh perdana menteri Jepang pasca-perang adalah lulusan Waseda: Tanzan Ishibashi (1956 – 1957), Noboru Takeshita (1987 – 1989), Toshiki Kaifu (1989 – 1991), Keizo Obuchi (1998-2000), Yoshiro Mori (2000-2001), Yasuo Fukuda (2007-2008), dan Fumio Kishida (2021-sekarang).

Alumninya juga termasuk bermacam pemimpin korporasi besar seperti Masaru Ibuka (salah satu pendiri Sony), Kenichi Ohmae (pendiri dan ex-Senior Partner dari McKinsey & Company, Lee Kun-hee (Chairman dari Samsung), Fukui Takeo (CEO dari Honda) dan lain-lain. Program sastra Waseda sangat terkenal, lulusannya termasuk Haruki Murakami dan Tawara Machi.

Fakta Menarik Universitas Waseda | Sejarah

Waseda University adalah salah satu universitas papan atas di Jepang, ia telah menetaskan tujuh perdana menteri jempolan. Para alumnusnya pun diketahui tersebar di berbagai bidang pada seluruh penjuru dunia. Meski berstatus universitas swasta, namun popularitas dan kualitas kurikulumnya tak perlu kita ragukan lagi.

Universitas ini memiliki banyak alumni terkemuka di Jepang, diantaranya tujuh perdana menteri Jepang dan banyak CEO, termasuk Tadashi Yanai, CEO Uniqlo dan orang terkaya di Jepang.

Lulusan Waseda University, Jepang dengan beasiswa penuh dan mengambil jurusan Matematika. Selain itu juga, Jerome dikenal sering membuat video konten edukasi Matematika dan belajar Bahasa Jepang di Instagram maupun Youtubenya.

Berawal dari membuat Q&A Group di Line bersama kakaknya, Jehian. Ia mencoba membuat konten edukatif selama kuliah di Jepang sampai memiliki jumlah 9,33 juta subscriber  di youtube dan di Instagram memiliki 6.7 juta followers.

Kemudian selama 6 tahun perjuangannya itu Jerome Polin bersama kakaknya masuk dalam Forbes 30 Under 30 Asia. Selain aktif menjadi konten creator bersama teman-temannya dikenal sebagai Waseda Boys. Jerome Polin juga bersama Jehian membuka sebuah café yang sudah mempunyai puluhan cabang di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.